AsriTadda.com
 

Penipuan Melalui Undangan Tes Wawancara Kerja PT. Gudang Garam Tbk

Seperti yang saya khawatirkan sebelumnya, modus penipuan melalui iklan lowongan kerja yang mengatasnamakan PT. Gudang Garam, Tbk kini tetap terjadi dan mengincar banyak calon korban.

Tidak sedikit orang yang telah tertipu mentah-mentah dan kehilangan sejumlah uang karena kurang berhati-hati menghadapi modus penipuan jenis ini.

Penipuan Iklan Lowongan Kerja PT Gudang Garam Tbk

Sasaran penipuan yang paling empuk dari iklan lowongan kerja PT. Gudang Garam ini adalah mereka yang telah mengirimkan aplikasi lamaran kerjanya melalui email ke alamat [email protected].

Pada artikel sebelumnya yang berjudul Waspadai Penipuan Iklan Lowongan Kerja PT. Gudang Garam Tbk banyak komentar pembaca yang mengatakan bahwa mereka telah mengirimkan berkas lamaran pekerjaannya ke “alamat palsu” yang dicantumkan dalam iklan lowongan kerja tersebut.

Nah, data-data diri pelamar kerja berupa alamat dan nomor kontak itulah menjadi “modal awal” yang digunakan oleh pihak penipu untuk menghubungi calon korbannya.

Bagaimana modus operandinya?

Yang paling umum adalah kiriman email dari pihak yang mengatasnamakan PT. Gudang Garam Tbk melalui alamat email [email protected] tetapi dengan menampilkan nama “[email protected]”.

Calon korban yang awam soal bagaimana mengecek orisinalitas email tentu akan mudah tertipu dan menganggap itu adalah email resmi dari Gudang Garam, padahal nyatanya bukan sama sekali!

Judul emailnya pun dibuat menarik: “Surat Undangan Test Seleksi Recruitment Calon Karyawan PT Gudang Garam Tbk“. Secara psikologis, metode ini cukup efektif menipu calon korban yang awam.

Email Panggilan WawancaraKerja yang Palsu dari PT Gudang Garam

Nah, sekilas email di atas terlihat valid. Asalnya dari alamat email resmi PT Gudang Garam Tbk, yakni “[email protected]. Tetapi jika diperiksa dengan lebih teliti, dan dengan mempertimbangkan berbagai aspek dalam proses penerimaan tenaga kerja secara resmi, email seperti di atas sebenarnya sangat janggal dan mencurigakan.

Sayangnya, mereka yang sudah pernah mengirimkan berkas lamaran kerja dan berharap agar bisa menjadi karyawan di PT Gudang Garam pastinya akan sangat berbahagia mendapatkan email seperti ini.

BACA JUGA:  Selamat Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Batin

Pada titik inilah awal penipuan itu terjadi.

Saat seseorang yang sudah sangat gembira menerima informasi akan peluangnya diterima sebagai karyawan pada perusahaan besar, tentu ia akan lebih mudah memenuhi beberapa persyaratan kecil yang kelihatan masuk akal untuk kemudahan proses selanjutnya.

Silahkan baca baik-baik file yang dilampirkan oleh si penipu pada email panggilan tes wawancara kerja dari PT Gudang Garam Tbk berikut ini.

File ini saya dapatkan dari email yang dikirimkan salah seorang yang mengaku telah menerima panggilan tes wawancara dari PT Gudang Garam melalui email.

Download (PDF, 342KB)

Email panggilan wawancara kerja seperti ini tak pelak membuat hati si pelamar kerja menjadi sangat berbunga-bunga karena diundang untuk menghadiri tes wawancara dan dinyatakan telah memenuhi syarat berkas administrasi dan kualifikasi dari PT Gudang Garam.

Setidaknya ada beberapa hal yang memudahkan calon korban mudah tertipu dengan modus panggilan tes wawancara kerja seperti ini, antara lain:

Tenggat Waktunya Sangat Sempit dan Terbatas

Email panggilan wawancara kerja palsu seperti ini biasanya memberikan tenggat waktu yang sangat sempit dan terbatas sehingga membuat calon korban tidak punya cukup waktu untuk mengecek kebenaran informasinya.

Calon korban secara psikologis dibuat menjadi “panik” dan merasa sangat terbatas sehingga harus mengambil keputusan secara tepat untuk bisa menangkap peluang yang sudah ada di depan mata.

Nah, untuk membuat efek ini menjadi maksimal, email akan dikirimkan penipu sekitar 2-3 hari sebelum jadwal wawancara sehingga penerimanya benar-benar kepepet dan tidak boleh menyia-nyiakan waktu lagi.

Pilihannya tentu akan jauh lebih besar untuk mengikuti “alur penipuan” ketimbang melakukan cross check soal validitas panggilan wawancara kerja tersebut.

Wawancara Kerja Sangat Pagi di Kantor Pusat

Agar bisa mengikuti tes wawancara kerja palsu ini, sang pelamar kerja diharuskan datang langsung ke kantor pusat PT Gudang Garam Tbk, dalam hal ini di Jl. Semampir II/1, Kediri – Jawa Timur. Ini memang adalah alamat yang resmi dari kantor pusat PT Gudang Garam sebagaimana tercantum di websitenya.

BACA JUGA:  Butir-Butir Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4)

Nah, dugaan saya, pelamar kerja yang dihubungi oleh pihak penipu ini adalah mereka yang berdomisili cukup jauh dari Kediri, sehingga pasti membutuhkan transportasi dan akomodasi untuk bisa menghadiri tes wawancara kerjanya di Kediri.

Wawancara Kerja PT Gudang Garam

Waktu wawancara kerjanya pun dibuat sangat awal, yakni dimulai pukul 08.00 waktu setempat. Dengan metode seperti ini, calon korban penipuan akan diarahkan untuk berpikir sudah berada di lokasi wawancara sebelum jam yang sudah ditentukan. Apalagi jika pelamar kerja tersebut berdomisili di luar Kediri.

Nah, dengan demikian, sepertinya sulit rasanya untuk tidak ‘menginap’ di sekitar lokasi tempat wawancara akan dilangsungkan. Karena itulah, mereka yang menjadi calon korban akan lebih legowo mengikuti alur penipuan ini.

Peserta Di Wajibkan Melakukan Reservasi Pemesanan Ticket (Ticketing) Di TRAVEL Yang Sudah Di Siapkan Oleh Perusahaan, Serta Mobilisasi Penjemputan Peserta Di Bandara Menuju Ketempat Pelaksanaan Kegiatan.

Wajib SMS Konfirmasi Kehadiran Untuk Wawancara

Untuk memaksimalkan efek panik dan membuat calon korban menjadi sangat percaya dengan panggilan wawancara ini, si penipu menyertakan nomor kontak untuk melakukan SMS konfirmasi kehadiran mengikuti wawancara.

Peserta Tes Di Wajibkan Untuk Melakukan SMS Konfirmasi Kehadiran Ke AGUNG SUSANTO Dengan Format: GUDANG GARAM #NAMA#HADIR/TIDAK#PROVINSI,  Kirim Ke: 0853-4080-0497.

Mereka yang awam dengan modus penipuan seperti ini tentu menganggap panggilan wawancara kerja ini adalah valid dan sangat akurat karena ada langkah untuk konfirmasi. Dan hebatnya, setiap SMS konfirmasi akan dibalas dengan informasi reservasi tiket dan akomodasi pada perusahaan travel yang ditunjuk PT Gudang Garam.

SMS Balasan Panggilan Wawancara Kerja Palsu dari PT Gudang Garam

Jika hasrat untuk segera mendapatkan pekerjaan sudah menggebu-gebu, maka tidak banyak lagi kesempatan untuk berpikir logis. Padahal, modus penipuan melalui panggilan tes wawancara seperti ini sudah sangat sering terjadi.

Reservasi Tiket, Akomodasi dan Transportasi

Sampai di tahap sebelum ini, calon korban memang belum ditipu secara materiil, meskipun secara non-materiil sudah tertipu dengan informasi palsu yang diberikan. Nah, jika sudah sampai pada tahap reservasi tiket dan transportasi, akan kelihatan jelas bahwa ini adalah bentuk penipuan yang lumrah terjadi.

BACA JUGA:  Download MP3 Murottal Al-Quran Per Juz Oleh Syeikh Mishary Rasyid Al-Afasy

Intinya adalah calon korban diarahkan untuk melakukan reservasi pemesanan tiket pesawat dari daerahnya menuju ke kota tempat wawancara dilakukan (Kediri) disertai dengan layanan transportasi penjemputan di bandara menuju lokasi acara. Belum lagi jika calon korban memang ingin memesan penginapan semalam di kota tersebut agar bisa menghadiri wawancara tepat waktu.

Nah, agar calon korban merasa lebih lega dengan biaya reservasi tiket, akomodasi dan transportasi ini, maka pada email panggilan wawancara juga disertakan keterangan bahwa semua biaya tersebut akan menjadi tanggungan pihak PT Gudang Garam.

Hanya saja, biaya tersebut harus ditalangi peserta dan baru akan diganti oleh perusahaan di lokasi wawancara nanti, atau dikenal juga sebagai reimbursement, dengan melampirkan bukti-bukti pengeluaran dana.

Akomodasi dan Transportasi Untuk Wawancara Kerja Palsu dari PT Gudang Garam

Nah, sampai di sini mungkin belum terasa ada penipuan yang jelas, bukan?

Penipuan baru terjadi setelah calon korban mengirimkan pembayaran untuk biaya reservasi tiket dan penjemputan di bandara ke pihak travel yang sudah dicantumkan pada email dan SMS konfirmasi perusahaan.

Umumnya, setelah korban melakukan transfer sejumlah uang untuk biaya tiket dan transportasi, mereka sudah tidak bisa dihubungi kembali, atau sudah tidak akan ada lagi balasan email, SMS dan sebagainya, baik dari pihak travel maupun dari pihak yang mengatasnamakan PT Gudang Garam Tbk.

Transfer Biaya Reservasi Tiket dan Akomodasi Lowongan Kerja PT Gudang Garam

Karena itu, waspadalah selalu dengan segala bentuk penipuan, khususnya yang berkaitan dengan iklan lowongan kerja palsu dengan motif mencari data diri Anda, baik berupa email, nomor telepon, alamat rumah, maupun data-data pribadi lainnya.

Jika Anda adalah salah satu dari korban modus penipuan seperti ini, tidak ada salahnya untuk ikut membagikan informasi yang Anda ketahui agar orang lain bisa lebih waspada dan terhindar dari segala bentuk penipuan.

Semoga bermanfaat!

43 KOMENTAR

  1. sya hari ini dpt panggilan dari pt gudang garam tbk. sama persis seperti yg d deskripsi bpk, namun saya kroscek terlebih dahulu dan lanhsung telfon ke kantor pusat gudang garam, jawaban dari kntr pusat, tidak pernah meminta akomodasi biaya dari pihak perusahaan.
    untuk saudara2 saya seluruh indonesia mohon setiap pencari kerja seperti saya hatus kroscek kebenaran lowongan pekerjaan melalui online yg jauh dari tmpat tinggal kita supaya temen2 tdk menjadi korban para penipu.

  2. Saya juga hari ini dapet email aku speechless bgtt dapet info ini d email smpe” nangis nah laluuu pas d telusuri lebih lanjut gilaaa, udhh mulai aga curigaa, dan semakin tidak meyakinkan pada saat dimintaa tf mukee gileee gedee bangett biaya nya, disana aku langsung nlfn kantor nya dan blg semuanyaa untuk meyakinkan nya

  3. Saya dapet email itu jam 1 pagi, posisinya saya sedang sakit atau tidak enak kesehatannya, mendapatkan informasi seperti itu yang sangat panjang lebar membuat saya langsung cari poin dr file pdf itu,

    Yang saya bingung kenapa harus di daerah situ untuk tes, dengan di iming tes di sana untuk mengetahui minta sang pelamar, saya harus menggunakan uang orang tua saya untuk hal ini, jauh sekali tesnya, saya baca lagi dengan seksama, saya tidk mementingkan poin akhir tapi saya lebih bingung dengan cara penulisan file itu saya baca lagi dengan seksama, saya cri di google referensi seperti ini saya ingin tahu kalo tdk nginep di hotel gk maslah kan lagi pula saya masih punya saudara di daerah situ, tapi pas saya lihat² ada informasi seperti ini… Hmmmm terimakasih wawasan untuk lebih hati-hatinya

  4. Aku juga dapat email panggilan kerja di gudanggaram, tesnya besok rabu 26-9-2018, aku ngirim lamaran kemarin, selang 1 hari dapat email ya Persis kayak yang di postingan atas tadi, tesnya di jkt, Aku nya Dari Demak jateng, itu Kira” penipuan ndak?Mohon infonya yang pernah dapat email kayak gitu

  5. Barusan saya dapat kiriman email dari gudang garam, yg tadinya 1minggu lalu saya kirim surt lamaran ke almt emailnya: dan hari ini saya dpt pemberitahuan pangilan sms dan lewat email allhamdulilah ketika melihat web slidik” ternyata pas dg apa yg mas bilang , ujug”nya suruh naik travel ktanya c gratis tanpa d pungut biyaya krn sudah d tanggung prusahaan hanya bilang bilang bersedia atau tdknya untuk mengikuti tes

      1. Benar kah penipuan?…
        Saya bingungnya setau saya di daerah jakarta ada kantornya, tapi kenapa tes ke daerah kediri yang pure orng dr domisili jauh pasti bingung, dengan balesan email jam 1, untuk nginep juga…..

        Maaf saya baru mau belajar untuk bekerja jadi butuh referensi… Seperti ini untuk jaga²

    1. Saya juga dapet informasi seperti itu, yang saya bingungnya kenapa pas malem dpt email jam 1, terus tenggang waktu sebentar, saya baca lagi masa saya harus nginep untuk tes?

  6. Thanks atas informasinya, barusan saya juga mendapatkan panggilan tes gudang garam dikirim dari email dikirim tgl 2 maret 2018 pukul 2.39 am. Lowongan ini didapatkan dari instagram dan terindikasi penipuan karena dikirim bukan dari email resmi gudang garam dan nomer hotline yang dicantumkan tidak sesuai dengan situs resminya.

      1. Saya dapet info dari teman, dan teman saya dapet info dari temannya (yang entah dapet info dari mana) ttg loker PT GG Tbk. Lamaran dikirim ke email . Begitu saya dapat info ini, saya siapkan berkas lamaran. Pas saya cek emailnya, saya curiga karena saya merasa itu bukan email resmi dari GG. Kebetulan suami saya bekerja di SM, anak perusahaan GG, jadi sedikit tahu ttg hal ini. Kemudian saya Googling ttg email tsb dan muncul komentar Mas Dito ini. Jadi, info itu penipuan ya mas?

  7. kalau dapet permintaan wawancara via telpon gimana tuh…kode areanya emang kode area kediri dan tempat pelaksanaannya juga di kantor pusat kediri di semampir. gak ada pakai sistem refund yg penting bisa hadir di jam yg di jadwalkan apa itu bisa di golongkan semacam penipuan

    1. Kalau memang demikian, Mas Dege bisa langsung konfirmasi ke kantor Gudang Garam Kediri.
      Jl. Semampir II/1 Kediri 64121, Indonesia
      Tel : (62-354) 682091
      Fax : (62-354) 681555

      :2thumbup

  8. Saya juga dapat sms & email sprti itu. untungnya rumah saya asli Kediri. sya mau tnya kbenarannya lngsung ke GG pusat jl.semampir, eh.. baca artikel ini trnyta plek ketiplek sma email & smsnya Saya. akhirnya jdi brfikir 180° brbalik arah. Thanks ya mas nya..

  9. Untung aja belum di transfer. Padahal uda mau brangkat ke atm loh. Berhubung bang motor saya bocor trus saya buka google dan terbaca artikel mas tadda. Alhamdulillah tuhan masih sayang sama saya biar ga ketipu. Kalo aja ban motor ga bocor, uda ludes tu uang 🙁
    Makasi banyak artikelnya mas, makasiiiii banyak.
    Oh iya, mas kan ceo founder perusahaan, lagi nerima lowongan kerjaan ga? Share dong mas

  10. Alhamdulillah telah diberi petunjuk oleh Alloh lewat artikel mas asri tadda dan beberapa komentar temen2 blogger..
    Hampir saja saya tf uang ke penipu tsb..
    Karena pagi tadi saya jg dpt sms dan email dri si penipu itu persis yg di deskripsikan oleh mas asri tadda..
    Jazzakalloh khoir yah temen2 atas info bermanfaatnya..
    Semoga tidak terjadi pd siapapun setelah ini.. Aamiin

  11. terima kasiiihhh infonya..tadi saya dpt email seperti itu..awalnya saya seneng bgt bisa dopanggil..tapi lama kelamaan saya coba cek webnya dan ko ada yg beda dari no tlp nya dan emailnya berbeda..akhirnya saya buat pesan di kontaknya Gudang Garam di web resminya tapi belum ada balasan konfirmasi..untung aja saya cari tau diinternet dan menemukan artikel bapak..sekali lagi terima kasih.

  12. hari ini saha juga dapat info sama dari mahluk yg mengatas namankan gudang garam ini.. untung saja saya tidak terlalu termakan kata karena saya emang pikir-pikir lagi kalo harus keluar kota, dan saat saya googling saya pun baru tau info ini.. terimakasih ya infonya gan

  13. jujur saja agan asri tadda, sebenarnya hati saya sudah sumringah tidak karuan di saat saya menerima konfirmasi panggilan test melalui SMS.
    tepat jam 9 pagi ini saya menerima konfirmasi SMS tersebut dengan mengarahkan saya untuk segera mengecheck email, lantaran ada Surat Penggilan Test Seleksi Rekruitmen PT. Gudang Garam, Tbk.
    sehubungan dengan komentar saya ini saya coba check & ricek kebenaran akan informasi seleksi tersebut.
    saya coba cari tahu ternyata amsyong yang ada (FIKTIF).
    semoga Allah segera memberikan petunjuk kepada kita siapa otak d balik aksi penipuan ini semua.
    jikalau Allah memberikan waktu untuk bertemu dengan otak pelaku ini SAYA AKAN CABUT2 SELURUH KUKU JARI TANGANNYA dengan menggunakan TANG.

    buat agan asri tadda saya ucapkan terima kasih atas infonya.
    semoga Allah senantias memberikan kesehatan jasmani & rohani, serta memudahkan jalan rizky agan.

    Wassalam,
    Salam kenal.

  14. Terimakasih infonya, saya juga dapat balasan email seperti diatas tapi mencurigakannya ada kerjasama dengan agen travel….
    ternyata modus penipuan

  15. Saya jga dpt panggilan mas….sya jga sdh mrasa heran mkya cba2 cri2 informasi…ternyata rsa penasaran sya terjawab sudah…matur suwun banget mas ats informasinya….

  16. trima kasih mas atas infonya.iya sy jg dpt panggilan mendadak gitu.utk sy buka artikel artikel lowongan kerja penipuan.akhirnya ga jadi lah sy utk test disana.

  17. terima kasih ia bapak asri tadda,, hampir saja saya tertipu.. alhamdulillah saya cek dulu di internet , ngga jadi tertipu deh. hehehehe.

  18. maturnuwun mas asri tadda.. hampir aja ketipu, modusnya rapi jali.. sampe sempet-sempetnya si penipu kirim sms atas nama hrd manager untuk segera konfirmasi kedatangan tes wkwkwkk :shakehand2 :2thumbup

  19. Makasih om atas infonya,makasij banget asli…. tadi dapet email kaya gitu sempet kaget perasaan ngelamar kesana engga tau tau ada panggilan kerja dan nominal gaji nya lumayan wow
    Ternyata modus doang hehehe

    1. Iya, dewasa ini kita kudung harus lebih waspada terhadap segala bentuk penawaran atau kemudahan yang ditawarkan oleh pihak lain.
      Semoga tidak terjadi lagi ke depannya.

      :2thumbup

BERI TANGGAPAN

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *