AsriTadda.com
 

Tips Sukses Dalam Berbisnis Blog

Tak lagi dapat dipungkiri bahwa memang terdapat banyak cara mendapatkan uang dari internet. Nah, make money blogging adalah salah satunya. Jika ditelusuri lebih jauh, make money blogging atau upaya menghasilkan uang dari blog ternyata juga ada banyak caranya, apakah itu lewat program blog advertising, online (direct) sales atau pun melalui program afiliasi (indirect sales).

Setiap lini bisnis online dan make money blogging memiliki keunggulan masing-masing, dan setiap orang secara potensial dapat menuai sukses di dalamnya, asal mengetahui cara yang benar menjalankannya. 

FOKUS Adalah Kunci Sukses

Sukses itu relatif. Saya percaya setiap orang memiliki pengertian yang relatif berbeda tentang ukuran sebuah kesuksesan, termasuk dalam bisnis blog. Anda dan saya mungkin saja berbeda persepsi tentang arti kesuksesan di bisnis online ini.


Fokus dalam Bisnis
Fokus dalam Bisnis

Meski sulit dipungkiri bahwa sukses dalam berbisnis secara umum selalu diukur dari seberapa besar penghasilan yang kita peroleh, ada juga sejumlah orang yang justru menilai kesuksesannya bukan hanya semata dilihat dari berapa uang yang mereka dapatkan, tetapi juga berapa banyak waktu yang mereka sisakan untuk kehidupan pribadi dan keluarga.

Sebagaimana yang sering saya tulis, hal yang kita butuhkan untuk bisa sukses di bisnis online secara umum, maupun bisnis make money blogging secara khusus adalah FOKUS! Jika sudah memilih untuk menggeluti bisnis blogging, maka FOKUS-lah di bisnis ini sebelum mencoba lagi bisnis selanjutnya.

Dengan lebih FOKUS terhadap sebuah bisnis, Anda akan bisa mencurahkan segenap potensi terbaik Anda sehingga syarat-syarat untuk menuai kesuksesan akan bisa terpenuhi. Dengan fokus pada hanya sejumlah bisnis saja, saya yakin Anda akan punya lebih banyak waktu untuk bersantai di luar dari rutinitas bisnis.

BACA JUGA:  Blogger Sebagai Profesi Sampingan Guru; Mungkinkah?

Di luar semua itu, tentunya FOKUS akan sulit tercapai jika Anda tidak mencintai pekerjaan dan bisnis ini. Jadi, tentukan pilihan bisnis Anda, cintai dia dan FOKUS-lah mengembangkannya dan Anda (pasti) akan sukses!
 

Hambatan Adalah Sinyal Kesuksesan

Perlu diketahui pula bahwa ketika kita baru mulai mencoba sebuah jenis bisnis di ranah make money blogging, maka godaan demi godaan tak akan henti menghampiri kita. Godaan-godaan tersebut bisa saja bentuknya berupa keinginan untuk segera menyamai rekor pendapatan blogger senior yang sudah bisa dapat 4-5 digit dollar setiap bulan, dan karenanya ingin mencoba semua jenis “lahan” untuk make money blogging.

Godaan lain bisa juga karena hasrat terpendam untuk bisa membuktikan kepada dunia bahwa dirinya juga bisa punya penghasilan online. Dan tentunya masih banyak lagi jenis godaan yang ada. Ketidakpuasan, ketidaksabaran, ketidakuletan dan sejumlah perasaan negatif lainnya selalu menjadi awal mbalelo-nya seorang blogger pemula dalam menekuni bisnis ini.


Hambatan dalam Berbisnis
Ilustrasi Hambatan dalam Berbisnis

Belum lagi jika dihadapkan dengan sejumlah persoalan teknis yang menghambat proses blogging, misalnya blog deindex, akun adsense dibanned, paypal kena hack dan sebagainya. Persoalan-persoalan teknis seperti ini adalah konsekuensi dari pilihan untuk menekuni bisnis online, dan pasti akan selalu ada. Jika hanya dengan kendala-kendala seperti ini lantas nyali ngeblog kita menjadi ciut, maka bersiaplah untuk GAGAL!

Memulai bisnis blog berarti Anda harus SIAP menghadapi segala hambatan dan rintangan yang (sudah pasti) selalu ada. Tanpa rintangan dan hambatan, Anda tidak akan akan lebih baik dari sebelumnya.

Business Plan Itu Wajib


Ilustrasi Business Plan
Ilustrasi Business Plan

Bisnis online pada dasarnya sama saja dengan bisnis offline. Sebagaimana menjalankan bisnis di dunia nyata, bisnis online juga membutuhkan semacam rencana bisnis yang matang (business plan). Tanpa business plan, sebuah bisnis akan sulit dikendalikan dan diarahkan untuk ‘segera’ mencapai kesuksesan.

BACA JUGA:  Cara Mendapatkan Uang dari Blog Melalui Program Blog Advertising

Mereka yang mulai berbisnis blog dan make money blogging dengan tanpa rencana dan target tentunya akan sulit menjawab ketika ditanyakan mau dikemanakan nantinya blog yang mereka miliki, apa saja program make money blogging yang akan mereka gunakan di blognya, dan apa targetnya setelah 3 bulan ke depan misalnya. Nah, bagaimana dengan Anda?

Sejumlah pebisnis blog senior ketika ditanyakan tentang bisnisnya akan bisa menjelaskan secara panjang lebar apa dan bagaimana yang mereka kerjakan saat ini, dan bagaimana rencana selanjutnya. Itulah pebisnis!

Menjadi profesional blogger itu sama saja dengan menjadi PEBISNIS! Jika seorang pebisnis tidak mengenali bisnisnya sendiri, maka yakin saja bisnis yang digelutinya akan segera TAMAT!

Pertanyaannya adalah, bagaimana kira-kira bentuk dari business plan ngeblog itu? Nggak usah ribet, yang kita butuhkan adalah setidaknya ada penjelasan atas faktor 5W + 1 H (What, Why, Who, When, Where dan How).

Disamping itu, hal yang tak kalah pentingnya adalah bahwa memilih untuk terjun ke bisnis blog harus didahului dengan mencari tahu bagaimana sih bentuk bisnis blog itu sendiri. Jangan sampai Anda mengivestasikan banyak modal, tenaga dan sumber daya lainnya, lalu memulai berbisis blog hanya karena ingin COBA-COBA, atau karena melihat orang lain sudah sukses dalam bisnis blog. Ini akibatnya bisa FATAL.

Jika pengetahuan Anda seputar bisnis online dan make money blogging sudah memadai, maka akan menjadi mudah menyusun sebuah business plan untuk bisnis blogging ini.
 

Menghasilkan Uang dari Blog

Sejumlah tulisan saya baik di blog Astaqauliyah.com maupun di blog ini beberapa kali membahas seputar bagaimana cara mendapatkan uang dari blog. Tapi saya akan kembali mengulas secara ringkas pada postingan ini.

Secara umum, cara mendapatkan uang dari blog dapat kita bagi ke dalam 4 macam, yaitu:

  • Blog advertising – baca di sini untuk penjelasan tentang program blog advertising.
  • Online sales
  • Affiliate program
  • Blog selling
BACA JUGA:  7 Trend Penentu Kesuksesan Blogging di Tahun 2012

Pada kenyataannya, tidak semua poin-poin sumber penghasilan blog di atas bisa maksimal kita capai jika tidak disertai dengan sumber daya yang memadai. Selain itu, sekali lagi, pada level ini kembali dibutuhkan FOKUS dan business plan yang tepat, yang disesuaikan dengan kondisi sumber daya kita sendiri.

Penjelasan seputar program online sales dan affiliate program akan kami tampilkan pada postingan berikutnya, jadi silahkan berlangganan artikel dari AsriTadda.com dengan mendaftarkan email Anda di sini. GRATIS!

Fokus adalah Kunci Sukses dalam Bisnis Anda
SEKALI LAGI, Fokus adalah Kunci Sukses dalam Bisnis Anda

Tidak disalahkan menekuni semua cabang dan sumber penghasilan dalam bisnis blog, asalkan kita mampu mengelolanya dengan optimal. Tetapi jika sumber daya kita pas-pasan lalu kita menjalankan sejumlah program dalam bisnis blog ini, maka sedikit kesalahan teknis saja bisa sangat membahayakan kelangsungan bisnis secara keseluruhan.

Jika memang hanya ingin fokus langsung di bidang online sales, semisal membuka bisnis toko online, maka sebaiknya Anda memang benar-benar 99% – 100% memaksimalkan potensi toko online Anda sehingga target suksesnya bisa tercapai.

Begitu pula dengan bidang lainnya. Hindari untuk menjadi maruk dengan aneka sumber penghasilan bisnis blog tetapi masing-masing tidak memberikan pendapatan yang besar.

Bukankah lebih baik mengerjakan sebuah bisnis dengan penghasilan besar daripada mengelola banyak bisnis tetapi dengan penghasilan yang kecil?

Nah, bagaimana dengan Anda?
Sejauh mana bisnis blog Anda saat ini? Apa target Anda selanjutnya? Saya tunggu komentar Anda di bawah ini!

41 KOMENTAR

  1. Blogger sukses adalah mereka yg tak pernah menyerah dalam membuat konten yg menarik dan selalu di minati pembaca.

    Artikelnya bikin tambah semangat ngeblog bos.

  2. Blogger sukses adalah mereka yg tak pernah menyerah dalam membuat konten yg menarik dan selalu di minati pembaca.

    Artikelnya bikin tambah semangat ngeblog bos. :cool

  3. Saya akan membuat blog adsense dulu, Semakin sulit hambatan yang datang semakin banyak tawaran bisnis online di bidang lain, misal youtube, Jualan online dll..

    Tapi dari hati sendiri masih pgn sukses di adsense 🙂

  4. Ass Wr wb Malem Daeng, Salam sukses selalu, dan salam otak kanan, semoga saya mendapat pencerahan tentang bisnis lewat blog dan online lainnya, dan mohon dipelajari 2 blog saya terima kasih wassalamu alaikum wr wb

  5. ass wr wb daeng astri tadda, hampir setiap hari settel cd nya mas ippho sentosa, mampir liat blognya baru malam ini, saya tertarik dengan bisnis afliasi nya daeng, semoga dapat bantuan pencerahannya untuk blog salesnya. dan apakah cocok kalau saya taruh bisnisnya daeng yang cream pemutih di blog saya, trims wasallamu alaikum wr wb.

  6. Merdekaaaaaaaaaa. Sekali merdeka tetap merdeka. Hari kemarin tepatnya 17 Agustus 2015 Indonesia sedang memperingati HUT RI yang ye 70tahun. Semoga Indonesia ini semakin maju dan berkembang. Terima kasih para pahlawan yang sudah berjuang. || || || || || || ||

  7. Terima kasih untuk ilmu yang sudah diberikan, semoga memberi pencerahan untuk saya memulai bisnis.

  8. Butuh kredit untuk tambahan modal usaha,!!
    Kini telah hadir pembiayaan dunia (GLOBAL FUNDING)
    Solusinya Kredit KTA,MULTIGUNA,TAKE OVER,dll bunga
    ringan 7,9% pertahun flat,
    Proses mudah aman dan cepat.
    Hubungi:081315484767. (Muhammad Zain)

    INFORMASI 1st DIPERLUKAN ADALAH
    Nama Lengkap : _________________________
    Jenis Kelamin : _______________________________
    Status Pernikahan: _____________________
    Kontak Alamat: ______________________
    Kode kota / Zip : ________________________
    Negara : ______________________________
    Tanggal Lahir: ________________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan : ________________
    Jangka waktu pinjaman : ________________________
    Penghasilan Bulanan / Penghasilan mingguan : _________
    Pekerjaan: ___________________________
    Tujuan untuk Pinjaman: _____________________
    Telepon : ________________________________
    Fax : __________________________________

    Email ke: atau
    NB: kami senang melayani anda tanpa ada biaya di muka….

  9. Saya terkesan dengan artikel menghasilkan uang dari blog dan ingin tanya apakah blog saya seharusnya di fokuskan untuk bisnis apa? apa bisnis affiliate, bisnis adsense atau bisnis apa? mohon pencerahan agar dapat menghasilkan uang dari blog

  10. Bisnis plan, itu yang gak saya punya, takutnya kelamaan mikir malah gak jalan-jalan. Tapi mungkin jika ada pengalaman bagaimana menyusun bisnis plan untuk blog yg baik, boleh di share Mas…Tq

  11. aduh.. bener juga ya kata si mas.. klo gak focus jadinya kayak blog saya nih blog gado-gado yang kagak jelas… mohon kasih pencerahannya ya mas.. hehe.. gimana caranya jadi blogger yang focus..

  12. Sangat menginspirasi gan..
    Jadi membuat saya tambah bersemangat untuk kembali aktif menulis artikel di blog saya.
    Salam sukses..

  13. nmmm bang asri memang mantep,,, kemarin youtube saya baru diterima di GA, dan baru beberapa bulan ini saya sedang belajar membuat sebuah blog, mohon ilmunya biar bisa membuat sebuah blog yang bagus dan banyak pengunjungnya, dan yang lebih penting biar bisa dapet penghasilan lebih desar dari bang asri tada,,, heheheeh SERIUS AKHHHH

  14. Pak tadda ini mentor yg baik hati. Saya rasa sayang sekali pas kelas asta media ditutup (mungkin untuk sementara). Perjalanan saya mengenal blogging pertama kali waktu belajar bersama beliau.
    Btw masih besar perutnya? tanding main futsal lagi yuk 😛 :ngakak

  15. Meski belum sukses namun tidak disebut gagal, saya tetap bersemangat mas, saya baru 1 tahun menekuni ini naik turun semangat, paypal limited jadi gak bisa belanja serta banyak hambatan lainnya. Postingan mas ini kembali membuka mata saya

  16. setelah wara wiri ksana kmari aku mau fokus di online store mas (next project), kbtulan saat ini sy lg manage web suami, tp salah pilih domain & kadung dah terpublish, jd sy sulit bngt SEO-in nya, bs bantu ga ya mas??

  17. Salam,
    gimana ikutan belajar/kursus blog sama mas Asri Tadda?
    astamedia buka cabang di jateng/jabar ga?
    apa saya harus go to makassar??
    Thx

    1. @Kerajinan Marmer, biasa saja Mas..saya hanya ingin berbagi pengalaman di blog ini…monggo dipelajari dan diberikan komentar kalau ada yang tidak jelas, atau ada yang keliru..

BERI TANGGAPAN

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *