AsriTadda.com
 

5 Cara Menemukan Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif

Ada banyak alasan yang mendasari mengapa seseorang biasanya menemui kesulitan untuk memulai sebuah usaha atau bisnis yang baru. Selain alasan klasik karena modal yang kurang memadai, yang tidak kalah pentingnya adalah karena belum menemukan ide bisnis untuk dilakukan.

Tidak jarang ada pebisnis yang langsung memulai usaha tanpa perencanaan dan ide bisnis yang matang, sehingga kemudian usahanya menjadi sepi pembeli dan akhirnya gulung tikar. Tentu kita tidak ingin demikian, bukan?

5 Cara Menemukan Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif

Faktanya, bisnis yang muncul dari ide kreatif dan dimatangkan dengan rencana bisnis yang komplit lebih memiliki peluang keberhasilan yang besar dibandingkan dengan bisnis yang hanya meniru-niru bisnis yang sudah ada.

Apalagi saat kondisi ekonomi seperti saat ini dimana daya beli masyarakat menurun drastis sementara harga kebutuhan pokok kian melambung tinggi. Mau tidak mau, dibutuhkan ide bisnis yang benar-benar kreatif dan inovatif agar tetap bisa eksis meski di masa krisis.

Cara Paling Sederhana Menemukan Ide Bisnis

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Hal yang paling mendasar yang perlu dilakukan adalah membaca kondisi lingkungan dimana bisnis tersebut akan dijalankan.

Pada prinsipnya sebuah bisnis muncul sebagai solusi atas masalah yang terjadi. Misalnya, bisnis kuliner menjamur di lingkungan pemukiman mahasiswa karena sebagian besar mahasiswa tidak sempat lagi memasak dan menyiapkan makanan mereka sendiri.

Cara Menemukan Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif

Dengan demikian, semakin jeli kita bisa membaca situasi akan semakin mudah kita mengidentifikasi permasalahan yang terjadi. Pada gilirannya, mencetuskan ide bisnis kreatif dan inovatif pun akan terasa enteng.

Nah, kira-kira apa saja permasalahan yang terjadi di sekitar tempat tinggal Anda? Apa saja ide Anda untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut?

BACA JUGA:  Program Wirausaha Mahasiswa Unhas 2010

Jika kedua pertanyaan di atas terjawab dengan baik, maka yakinlah, ide Anda itu adalah cikal bakal sebuah bisnis!

Ide Bisnis dan Usaha yang Inovatif

Milan Kundera, novelis Republik Ceko paling terkenal mencatat bahwa sebuah bisnis hanya memiliki 2 fungsi yaitu inovasi dan marketing.

Milan Kundera

Inovasi adalah setiap ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai sesuatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil invensi maupun diskoveri. Inovasi terkadang dipersepsikan sama artinya dengan kreatif.

Dalam dunia bisnis, inovasi dapat dipahami sebagai penemuan baru yang BERBEDA dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya, bertujuan untuk MEMPRAKARSAI atau MEMPERBAIKI suatu produk, proses  atau jasa.

Nah, untuk bisa menemukan ide bisnis atau usaha yang terbilang inovatif, setidaknya ada 5 sumber inspirasi yang bisa menjadi acuan. Perhatikan gambar di bawah ini.

5 Cara dan Metode Menemukan Ide Bisnis dan Usaha

METODE 1: LAKUKAN RISET PRODUK DAN BISNIS

Melakukan riset produk adalah sesuatu yang perlu dilakukan untuk memastikan produk atau bisnis yang akan kita luncurkan akan mendapatkan “tempat” di pasar.

Dengan bantuan media internet melalui fasilitas browsing, kini sangat mudah melakukan riset untuk menemukan ide produk atau bisnis yang inovatif.

Riset Produk

Anda cukup mengetik kata kunci tertentu terkait dengan ide di kepala Anda, lalu tekan tombol enter dan akan bermuncullan aneka produk sejenis atau terkait dengan ide bisnis Anda.

Nah, dari penelusuran ini Anda bisa begitu mudah memadukan beberapa produk atau bisnis yang sudah ada dan meramunya kembali menjadi sebuah bisnis baru yang inovatif. Internet juga bisa digunakan untuk memastikan apakah sebuah ide bisnis betul-betul orisinil dan belum ada samanya di tempat lain.

METODE 2: BELAJAR DARI SUKSES BISNIS LAIN

Bisnis yang sudah sukses dan mapan pasti memiliki sejumlah keunggulan. Dengan mengetahui keunggulan-keunggulannya, Anda juga bisa mulai membangun bisnis baru yang serupa tetapi dengan beberapa nilai lebih yang berbeda dengan bisnis aslinya.

BACA JUGA:  Tips Sukses Berbisnis Toko Online

Konsep sederhananya adalah ATM – amati, tiru dan modifikasi. Jadi, kemanapun Anda pergi, setiap yang Anda jumpai bisa menjadi ide bisnis untuk Anda duplikasi secara kreatif.

Bisnis Konsep ATM

Karena itulah, sebenarnya tidak sulit menemukan sebuah ide bisnis. Ujian berat biasanya terjadi pada tahap bagaimana memulai bisnis tersebut sehingga bisa berhasil dan mapan.

Nah, pada tahap ini apakah Anda pernah memikirkan bagaimana meniru sebuah bisnis yang sudah eksis lalu kemudian mengganti brand-nya dengan nama yang Anda sukai dan memberikan “nilai tambah” pada bisnis tersebut?

METODE 3: INSPIRASI DARI MASALAH PERSONAL

Terkadang persoalan yang kita alami secara personal bisa menjadi sebuah ide bisnis yang brilian. Ambil contoh adalah munculnya ide layanan ojek berbasis aplikasi Go-Jek.

Gojek

Sang Founder Nadiem Makarim pernah mengatakan bahwa ide Go-Jek sebenarnya muncul lantaran ia sering mendapati ojek langganannya nongkrong begitu lama hanya untuk menunggu calon penumpang.

Terinspirasi oleh masalah itulah, akhirnya muncul ide kreatif Nadiem untuk membuat aplikasi yang bisa membantu tukang ojek menemukan calon penumpang, atau sebaliknya penumpang yang langsung menemukan tukang ojek melalui bantuan teknologi.

METODE 4: BELAJAR DARI MASALAH ORANG LAIN

Menemukan ide bisnis juga bisa dilakukan dengan mempelajari dan menganalisa masalah yang dikeluhkan oleh orang lain terkait dengan produk atau bisnis yang sudah berjalan.

Customer feedback

Khusus untuk tahap ini, kekuatan data yang berisi masukan dari setiap customer menjadi salah satu syarat. Jika masukan customer baik melalui testimoni langsung, email, chatting maupun komplain bisa dianalisa dengan tepat, tidak mustahil bisa muncul sebuah ide bisnis baru yang lebih laku di pasaran.

METODE 5: AMATI TREND YANG SEDANG BERKEMBANG

Metode selanjutnya untuk bisa menemukan sebuah ide bisnis adalah dengan memperhatikan trend yang sedang berkembang. Trend adalah sesuatu yang sedang dibicarakan oleh banyak orang saat ini dan kejadiannya berdasarkan fakta.

Anda bisa mengamati trend pada lingkungan sosial, politik atau lingkungan dan kemudian menjadikannya inspirasi memulai sebuah bisnis yang inovatif.

BACA JUGA:  Peluang Kerjasama Bisnis Es Teler Bloggers

Trend

Contoh kasus adalah trend politik pilkada saat ini. Setidaknya, dengan rencana pelaksanaan pilkada pada sejumlah daerah membuat kita bisa mencari ide bisnis kreatif dan inovatif terkait dengan kegiatan kampanye para kandidat calon kepala daerah.

Nah, apa ide kreatif Anda untuk membantu kegiatan kampanye para kandidat? Apakah itu bernilai bisnis?

Memunculkan Ide Kreatif dengan Out of The Box Thinking

Ide-ide kreatif dan inovatif cenderung keluar dari pola pikir normatif yang lumrah kita jumpai. Dalam proses menemukan ide bisnis yang kreatif, kita disarankan untuk berpikir di luar kotak (out of the box thinking).

Out of the box thinking

Prinsipnya adalah pikirkan hal yang belum pernah dipikirkan oleh orang lain! Jika Anda mampu melakukannya pada setiap tahap dan sumber inspirasi ide bisnis di atas, maka Insya Allah akan mudah menemukan ide bisnis kreatif yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ingat, ide bisnis yang Anda telorkan sebaiknya harus mampu menjawab permasalahan yang ada. Tanpa kemampuan solutif menyelesaikan masalah customer, sebuah produk atau bisnis tidak akan berkembang dengan baik.

Jika ide bisnis Anda benar-benar kreatif dan inovatif, memberikan nilai kebermanfaatan bagi orang lain, maka kegiatan marketingnya akan semakin mudah dan tidak butuh biaya banyak.

Masih ingat kan dengan kata Milan Kundera? Bisnis hanya memiliki 2 fungsi saja, yakni inovasi dan marketing. Jika inovasi Anda bagus dan tepat guna, maka menjualnya ke orang lain akan mudah dilakukan.

So, apa ide bisnis Anda saat ini?

Silahkan share pada bagian komentar di bawah ini agar setiap orang tahu Anda mau membuat bisnis apa sehingga teman-teman yang lain bisa mendoakannya agar segera terwujud dengan sukses.

72 KOMENTAR

  1. bagus nih artikel nya, seneng baca nya, tulisannya juga rapi. sebenarnya begitu banyak yang ingin berbisnis gan, tapi keluhan rata-rata pasti tuh modal nya. banyak di luar sana yg ngeluhin seperti itu, udah ikut berbagai cara workshop, tapi alhasil nol. menurut agan menyikapi hal2 yg seperti itu gimana? trima kasih sebelumnya 😉

  2. saya mau tanya bos. saya jualan kebutuhan pertanian dan peternakan. permasalahannya daerah tempat tinggal saya sudah ada 5 toko yang serupa. untuk produk yg kami jual sama2 produk dari perusahaan. untuk permasalahan tersebut bagaimana cara saya untuk membuat pelanggan saingan saya pindah ketempat saya.?
    sementara saya sudah melakukan promosi lewat radio dan menjual dengan harga yg lebih murah

  3. Permisi kak sya mau tnya gmna cranya mngembngkan usaha supaya dri bisnis yg kecil bsa mnjadi besar?
    Langkah-langkahnya bgaimna ya?
    Sya sdah jalanin yg kka tuliskan di blog sblmnya, tpi hasilnya knpa masih blm maksimal ya..

    Sya mw tnya juga , kalo bisnnis jual kerudung sya buka tmpat produksi sndri itu gmna cra memulai dri modal kecil, ? Apa bisa, ?
    Cita” sya jdi pengusaha muda di usia sya yg masih semuda ini ^-^

    Mohon jawabannya

  4. Saya baru mau mulai bisnis, ingin membuat kafe sendiri karena udah bosen ngelilingin kafe yg sama setiap hari, tapi saya bingung mengenai penghitungan pemasukan dan pengularannya nanti , bisakah diberi pencerahan? Terimakasih sebelumnya artikelnya sangat bagus sekali

  5. Om saya mau tanya saya hidup di bali yg berjuta peluang bisnisnya tapi saya tidak bisa menemukan apa peluang bisnis yg bisa saya ambil tapi modal yg begitu besar karna saya baru tamat SMK mohon batuanya

  6. Maaf kalo saya masih belum menemukan masalah dalam lingkungan saya seperti ini bagaimana saya bisa menentukan tipe bisnis yang aspire yg artinya saya hadir sebagai problem solving apakah anda bisa membantu saya menunjukan beragam masalah saya yang saya hadapi di jakarta yang bisa buat menjadi sebuah bisnis yang realistis saja karna saya hanya mahasiswa semester 4. terimakasih.

    1. tentukan aja mau dapat income brapa juta/bulan?
      baru mikir apa bisnis nya..

      misal:
      mau income 3jt/bln = 100rb/hr
      tentukan bisnis apa yg laba 10rb/item..jual 10.pcs
      atau yg laba 50rb bisa jual 2.pcs

      sdh bisa dapat gambaran mau bisnis apa kan hehehe

    1. justru modal paling mahal itu IDE BISNIS
      dilanjutkan tau bgm kelola nya

      saya punya beberapa usaha yg smua tanpa duit sendiri.
      hehe..

      saya pny info bisnishandycraft export ke jepang jg korea
      saya tau dmana kerjain nya..punya pasar nya
      saya iklan koran 3hr aja..perlu 170jt
      yg datang lebih dari 300jt..tnyata bnyk org kaya bingung jg
      hahaha

      CARI INVESTOR,EXPORT SDH JALAN,PROFITABLE,081…..

      hanya bgitu tuh iklan nya..
      pnah ikut komunitas..sebar cerita ada peluang usaha..dst

  7. Om sekarang ini saya masih seorang pelajar SMA,saya punya keinginan suatu saat nanti saya ingin punya cafe,pertanyaannya apa yang menurut om bisa saya lakukan untuk merintis keinginan saya itu sekarang sebagai pelajar,minta pencerahannya

    1. Mulailah dari menjawab pertanyaan2 sederhana, seperti:

      Anda mau membuat cafe dengan konsep yang bagaimana?
      Apa saja kelebihan cafe yang akan Anda buat dibanding dengan cafe lain yang sudah bertebaran saat ini?
      Dimana Anda akan buat cafe dan apa alasannya?
      Bersama siapa Anda akan membuat cafe tersebut? Sendiri atau bersama teman? Jika dengan teman, siapa saja mereka? Mengapa mereka Anda jadikan partner untuk berbisnis cafe nantinya?
      Berapa dana awal (modal) yang Anda sudah siapkan untuk bisnis ini? Berapa prakiraan total dana yang dibutuhkan untuk menjalankan ide bisnis cafe Anda?

      Dan masih banyak pertanyaan2 mendasar lainnya.

      Nah, jika Anda sudah bisa menjawab pertanyaan2 di atas, Insya Allah saya yakin ide bisnis cafe akan lebih mudah dijalankan.

      :2thumbup

    1. Bimbel online bisa saja, asal didukung dengan pelayanan yang komplit serta aksesibilitas untuk setiap user. Ada banyak website yang menawarkan layanan bimbel secara online terutama dari luar negeri.

      Ayo, silahkan dicoba! :2thumbup

  8. Salam,
    Mas, saya sempat berfikir tentang membuat ebook. tetapi setelah saya browsing, ternyata banyak blog/website yang menyediakan jasa download ebook gratis. Pertanyaannya apakah nanti setelah ebook saya berhasil dipasarkan akan bernasib sama seperti layaknya penyanyi yang album “bajakan”nya jauh lbh bnyk beredar dipasaran?
    Jika tidak dilindungi oleh hak cipta, berarti setiap orang mempunyai kesempatan yg sangat besar dong untuk mengeluarkan ebook baru, padahal isinya copy paste dari ebook org lain.
    Mohon pencerahannya

    1. Soal copy paste itu urusan moral. Bagaimanapun cara kita memproteksi file di internet, toh pada akhirnya celah untuk dishare ke orang lain secara gratis tetap akan terbuka.

      Jadi menurut saya, tidak usah risaukan itu. Rejeki Anda tidak akan ke mana, meskipun nantinya ebook sudah digandakan oleh orang lain.

      Memang ada beberapa teknik untuk proteksi ebook yang dipasarkan, mungkin dengan sistem keanggotaan yang diperketat, menambahkan password ke file ebooknya, dsb. Tapi kembali lagi, soal copy paste nantinya itu urusan masing2 perngguna saja.

      Saran saya, segera saja buat ebooknya dan jual!

      :thumbup

  9. oo gtu to jualan ama bisnis tuh beda bgt yaa.. kalo kita dah punya inovasi dan udah nemuin pasar, pasti butuh investor dong.. nah, biasanya ini nih yang jadi kendala,, gimana ya cari investor yang baik hati & tidak sombong? 😀

    1. Ada banyak cara bisa ditempuh untuk menggaet investor. Yang paling utama adalah Anda memenuhi syarat untuk diterima. Salah satunya soal prospektif bisnis yang Anda akan kembangkan.

      Jika Anda bisa meyakinkan calon investor melalui proposal perencanaan bisnis yang matang dan lengkap, saya yakin tidak terlalu sulit mendapatkannya.

      Ayo, semangat!

  10. Sangat bermanfaat untuk para pengusaha muda , mungkin masalah itu yang menjadi momok gagalnya usaha kita.. Thank you..

    1. Turut mendukung dan memberi mitivasi kepada sahabat yang baru mau memulai maupun yang sudah berkecimpung dalam bisnis, semoga semakin sukses. Sebab, materi di atas bagus untuk dipelajari.

    1. Kalau mau jual tanah, silahkan buka situs-situs jual beli seperti OLX atau situs properti lainnya. Disana lebih banyak calon pembeli dibanding di lapak sini

      :salahkamar

  11. Terima kasi mas atas saran nya,apalagi dengan kata ATM, perlu di lakukan dengan segera dan mudah2 an sukses akan cepat di raih…amin

  12. makasih artikelnya membawa untuk membuat cita cita menjadi entrepreneur sukses, belajar dari segala kondisi dan situasi menjadi peluang usaha

  13. Bermanfaat sekali. Apalagi bagi yg baru mau terjun ke dalam dunia wirusaha. Hanya saja sy masih bingung mas, kalo misalnya ide bisnis sudah ada, lantas, marketingnya itu bgmana? Haruskah kita cari dlu target pasarnya, lalu produksi? Krna ini bidang kuliner.

    1. Kalau mendiang Bob Sadino bilang, buat bisnis dulu baru belakangan mikirnya 🙂
      Saya kira target pasar akan tersedia jika memang business plan-nya bagus.
      Bisnis adalah soal bagaimana menghadirkan solusi atas masalah di orang lain. Artinya jika Anda memiliki ide bisnis, saya yakin itu berasal dari pemahaman Anda tentang masalah yang terjadi luar sana, dan pasti ada target pasarnya

  14. makasi informasi dan motivasinya,,,,,saya masih ber agan angan untuk bisa menjadi seorang pebisnis,,,,, tapi masih ngumpulin modal,,, mintak doanya semoga biar terlaksana Amiinnn

  15. Ada juga bisnis yang terlahir dari sebuah hobi, bisnis berdasarkan hobi kita tentunya jadi lebih bergairah dalam menjalankannya….,Mungkin itu memang benar ya mas, sehingga potensi sukses itu sangat besar.

    1. Iya benar. Seperti menjadi blogger profesional, itu adalah bisnis yang brangkat dari hobi.

      :thumbup

  16. Untuk memunculkan ide bisnis baru memang sulit. Sousinya ya replicate, bukan berarti meniru mentah-mentah. Kita bisa menggunakan teknik ATM. Setuju pak. Hehe

    Thanks pak, artikelnya menginspirasi!

  17. ya, menjadi orang sukses memang butuh perjuangan dan bisa belajar dari masalah orang lain, apalagi dari masalah diri sendiri

BERI TANGGAPAN

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *